Sabtu, 01 Maret 2014

LIZARDS OF SOUTHEAST ASIA - KADAL DI ASIA TENGGARA - Acanthosaura titiwangsaensis - malayan mountain horned agamid - Titiwangsa horned tree lizard - Agamid bertanduk gunung malaysia - Kadal pohon bertanduk titiwangsa---T-REC tugumuda reptiles community semarang-KSE komunitas satwa eksotik

.....SILAHKAN MENGGUNAKAN " MESIN TRANSLATE "..GOOGLE TRANSLATE 
DISAMPING KANAN INI.............



PLEASE USE ........ "TRANSLATE MACHINE" .. GOOGLE TRANSLATE BESIDE RIGHT THIS


.......................


T-REC semarang-TUGUMUDA REPTILES COMMUNITY SEMARANG—KOMUNITAS REPTIL SEMARANG
More info :
minat gabung : ( menerima keanggotaan diluar kota Semarang )
08995557626
..................................
KSE – KOMUNITAS SATWA EKSOTIK – EXOTIC PETS COMMUNITY-- INDONESIA
Visit Our Community and Joint W/ Us....Welcome All Over The World
 KSE = KOMUNITAS SATWA EKSOTIK

MENGATASI KENDALA MINAT DAN JARAK

KAMI ADA DI TIAP KOTA DI INDONESIA 

GABUNG.........HUBUNGI 089617123865
.........................

























LIZARDS OF SOUTHEAST ASIA - KADAL DI ASIA TENGGARA - Acanthosaura titiwangsaensis - malayan mountain horned agamid - Titiwangsa horned tree lizard - Agamid bertanduk gunung malaysia - Kadal pohon bertanduk titiwangsa



LIZARDS OF SOUTHEAST ASIA - KADAL DI ASIA TENGGARA - Acanthosaura titiwangsaensis - malayan mountain horned agamid - Titiwangsa horned tree lizard - Agamid bertanduk gunung malaysia - Kadal pohon bertanduk titiwangsa









Acanthosaura titiwangsaensis WOOD, GRISMER, GRISMER, AHMAD, ONN & BAUER, 2009


Common Names
Malayan Mountain Horned Agamid, Titiwangsa Horned Tree Lizard
Agamid bertanduk gunung Malaysia , kadal pohon bertanduk titiwangsa 

Synonym
Acanthosaura titiwangsaensis WOOD, GRISMER, GRISMER, AHMAD, ONN & BAUER 2009 

Distribution
W Malaysia (Pahang)

Type locality: Bishop’s Trail, Fraser’s Hill, Pahang, Peninsular Malaysia (3º43.230'N; 101º44.887'E), 1,112 m elevation.

Types
Holotype. Adult male (ZRC 2.6805), collected on 28 June 2008 by Jesse L. Grismer, L. Lee Grismer, Perry L. Wood Jr., at 2330 h.; Paratypes in ZFMK and ZRC 


Commen



Diagnosis . SVL maksimum dewasa jantan 118,4 mm , SVL maksimum betina 112,7 mm , kepala segitiga , moncong pendek ( SL / HL 46-52 % ) , mata moderat ( EYE / HL 28-30 % ) , tidak ada sisik  elips diperbesar di bawah orbit ; sisik pada canthus rostralis - pinggiran supraorbital 14 atau 15; sisik  besar rostral persegi panjang , tulang belakang silinder pendek di atas pinggiran belakang mata dikelilingi oleh roset dari empat sisik  kecil keeled di base , tulang belakang pada tengkuk antara tympanum dan nuchal crest ; tympanum terbuka  , lonjong , lebih tinggi dari pada lebar, dewlap ada pada jantan dan betina , segitiga tubuh secara cross section ; sisik sayap bercampur dengan  secara acak diatur sisik keeled lebih besar ; nuchal crest ; sisik 11-13  diastema tengkuk , puncak vertebral membesar ,  sisik mulai dari daerah bahu dan meruncing ke serangkaian  sisik keeled diperbesar pada bagian anterior ekor , sisik puncak terbesar di dasar tengkuk , ekor 140-150 % dari SVL ; kerah hitam ; posterior 2/3 dari ekor hitam ke coklat gelap; kuning kehijauan dengan bintik-bintik oranye terang dikelilingi oleh abu-abu pada tubuh , wilayah gular orangish kuning , tidak ada garis medial kuning pada dewlap .
Etimologi . titwangsaensis julukan spesifik yang mengacu pada pegunungan , Banjaran Titiwangsa , yang dipercaya spesies ini kemungkinan akan dibatasi . 





..........................



Titiwangsa Horned Tree Lizard


Family : AGAMIDAE

Species : Acanthosaura titiwangsaensis

Size (snout to vent) : males 12 cm, females 15 cm

Size (total length) : males up to 30 cm, females up to 37 cm.



Titiwangsa Horned Tree Lizard (atau  'Malayan Mountain Horned Agamid')  ditemukan di dua lokasi di Titiwangsa Rentang Semenanjung Malaysia, yang membentuk tulang punggung dari semenanjung, Cameron Highlands dan Fraser Hill.

Sebelum deskripsi formal pada tahun 2009, spesies ini salah diidentifikasi sebagai Acanthosaura crucigera

Warna tubuh dewasa adalah kuning-coklat hingga  hijau zaitun, bermotif dengan ocelli banyak, atau pola seperti mata . Ada sebuah band gelap di sekitar leher, dan ekor polos.

Ekologi spesies ini belum diteliti tetapi, seperti  kadal pohon bertanduk lainnya, telah diamati di lantai / dasar  hutan untuk mencari makanan yang mungkin terdiri  dari terutama invertebrata. Dengan demikian, bila tidak aktif,  cenderung untuk beristirahat di dekat vegetasi lantai hutan .

Spesies ini  endemik  di kisaran utama Semenanjung Malaysia. Kisaran yang mungkin meluas lebih jauh ke utara dari Cameron Highlands dan lebih jauh ke selatan dari Fraser Hill .

 




................................



Acanthosaura titiwangsaensis


Familia: Agamidae

Subfamilia: Agaminae

Genus: Acanthosaura

Species: Acanthosaura titiwangsaensis

Name

Acanthosaura titiwangsaensis Wood, Grismer, Grismer, Ahmad, Onn & Bauer, 2009


Type locality: Bishop’s Trail, Fraser’s Hill, Pahang, Peninsular Malaysia (3º43.230'N; 101º44.887'E), 1,112 m elevation.


Holotype: ZRC 2.6805